Masjid Al Falah – Masjid Indonesia di Negara Jerman

Masjid Al Falah Kota Berlin Jerman

Masjid Al-Falah yang terdapat di Kota Berlin jadi hanya satu masjid yang dibuat serta diurus oleh Warga Muslim dari Indonesia. Berlin adalah Ibukota dari Negara Jerman, serta Masjid Al-Falah ini jadi hanya satu tempat pekerjaan kaum muslim di Indonesia komplet dengan beberapa kegiatan rutinnya.

Ada yang unik dari Masjid Al-Falah ini, yakni riwayat bangunan yang sekarang ini digunakan jadi masjid ialah satu Pub serta Tempat Pijat sebelum diperbaiki serta dialih fungsikan jadi masjid. Walau belum mempunyai satu masjid yang permanen, namun semangat Warga Muslim Indonesia dalam melaksanakan ibadah belum pernah surut.

Masjid Al Falah di Kota Berlin Jerman

Riwayat Masjid Al-Falah

Pada sekitar tahun 1988, kaum muslim yang terhimpun dalam Komunitas Muslim Berlin (Berlin Barat saat itu) akan memutuskan untuk menyewa satu bangunan untuk jadikan tempat beribadah serta pusat pekerjaan religi mereka. Nyatanya yang bisa disewa saat itu hanya gedung sisa Pub serta Tempat Pijat yang notabene lekat dengan kemaksiatan. Tetapi sebab tidak ada pilihan yang lain, pada akhirnya bangunan itu disewa oleh golongan muslimin Indonesia serta diperbaiki dan dialih fungsikan jadi masjid.

Sebetulnya, gagasan untuk mempunyai satu pusat pekerjaan serta tempat beribadah yang wajar telah ada dari tahun 1984, tetapi baru terealisasi 4 tahun lalu. Masjid itu lalu diberi nama “Al-Falah” yang bermakna “Kemenangan”. Ini tunjukkan jika perjuangan sepanjang sekian tahun lamanya bisa terwujud walau dengan usaha yang keras.

Masjid Al-Falah jadi satu dari 80 Masjid yang ada di Ibukota Jerman. sekaligus juga jadi hanya satu masjid yang diurus oleh kaum muslim dari Indonesia, dengan jamaah yang bermacam, dari mulai Jerman, Brunei, Turki, Malaysia, Pakistan, Cina, India, serta beberapa negara arab serta afrika yang lain.

Masjid Al-Falah ini jadi satu diantara aspek khusus dalam ceramah, service, pendidikan, bersilaturahmi serta beribadah buat golongan muslimin disana. Sebab tertera telah lebih dari 1.200 orang di Berlin telah berpedoman agama Islam.

Masjid Al-Falah sebelumnya cuma menyewa satu apartemen seluas 90 meter persegi saja, yang terdapat di Jalan Melangtongstrasse. Lalu perubahan masjid ini selalu bersambung sampai akhir tahun 2006 lalu, serta dengan sah disadari oleh pemerintah ditempat jadi satu yayasan serta masjid yang tercatat di Departemen Kehakiman Republik Federal Jerman.

Nama Organisasinya lalu dirubah jadi Indonesisches Weisheits Und Kulturzentrume V atau dipersingkat jadi IWKZe.V, yang bermakna Pusat Kearifan serta Kebudayaan Indonesia. Lalu pada tahun 2007 lalu, Masjid Al-Falah tempati gedung yang baru di Feldzeugmeisterstrasse dengan luas seputar 215 meter persegi. Bangunan yang sekarang ini dipakai ialah sisa Pub / Club malam serta Panti Pijat yang sarat dengan barbagai kemaksiatan tetapi dirubah jadi satu tempat untuk mencari Ridho dari sang maha kuasa.

Kegiatan Masjid Al Falah Kota Berlin

Beberapa kegiatan ikut diselenggarakan di Masjid ini, seperti pekerjaan pendidikan Al-Qur’an buat beberapa anak ataupun buat remaja, lalu pendirikan agama Islam yang dikerjakan lewat pengajian teratur harian serta mingguan, dan berabagai pekerjaan pokok di bulan ramadan.

Beberapa sarana ikut disiapkan dimasjid ini seperti perpustakaan islam yang bisa didatangi tiap hari oleh jamaah muslim ditempat. Ditambah lagi sekarang ini, Masjid Al-Falah sedang gencar-gencarnya memperkenalkan Kearifan serta Budaya asli Indonesia.

Dengan suport dari semua kaum muslim dari beberapa negara, dan suport dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Jerman, Masjid Al-Falah selalu menyiapkan semua sarana serta kegiatan yang berguna buat masyarakat islam yang berada di Kota Berlin, Ibukota Jerman.

Hubungi Kami
WA
Telp
Dalam Rangka Milad Ke 3 PT. Anugerah Kubah Indonesia
GRATIS !! Website Manajemen Masjid Jika Anda Order Kubah Bulan Ini.
close-image