Masjid dengan Menara tinggi di Kairo

Masjid Muhammad Ali Kairo

Kairo yang populer dengan bangunan menaranya yang menjulang tinggi dengan beberapa bangunan masjid yang megah jadikan kota ini dijuluki menjadi kota seribu menara. Salah satunya bangunan masjid dengan menaranya yang tinggi sekali ialah Masjid Muhammad Ali Pasha. Bahkan juga dari terlalu jauh juga masjid ini khusunya sisi menara masjid akan gampang tampak. Serta saat ada di masjid Muhammad Ali Pasha, jadi beberapa jamaah atau pengunjung bisa lihat serta melihat keindahan sampai separuh dari kota Kairo. Ditambah lagi panorama sungai nil yang demikian panjang serta piramida.

Tidak hanya mempunyai bangunan besar dengan menaranya yang menjulang tinggi, masjid Muhammad Ali Pasha pun adalah bangunan tempat beribadah kaum muslim dari sana dan jadikan bangunan masjid ini simbol spesifik di kota Kairo. Ditambah lagi tempat masjid yang ada pada ketinggian hingga tiap-tiap orang yang ada dari sana akan dengan gampang meilhat kota Kairo. Umumnya beberapa jamaah serta pengunjung masjid Muhammad Ali Pasha tidak hanya utuk melakukan beribadah shalat serta beberapa kegamaan yang lain, mereka akan nikmati panorama kota Kairo. Mereka akan terasa nyaman dan aman dan bisa habiskan waktu luangnya yang cukup lama sekalian nikmati keindahan itu.

Diberi nama dengan Masjid Muhammad Ali Pasha sebab sama dengan seseorang penguasa Mesir yang datang dari dinasti Muhammad Ali. Beliau ialah Muhammad Ali pasha. Dinasti itu pun adalah dinasti paling akhir yang berkuasa di Mesir serta pada akhirnya menjadi Republik. Perlu untuk diketahui pun, nyatanya masjid Muhammad Ali juga dikenal dengan Masjid Alanaster. Dimaksud demikian sebab sisi bangunan masjid ini beberapa besarnya memakai marmer Alabaster. Diluar itu sebagian orang mengatakan dengan masjid Almarmari sebab sejumlah besar material berbahan marmer yang dipakai pada bangunan masjid itu.

Masjid Muhammad Ali Pasha

Sejarah Bangunan Masjid Muhammad Ali Pasha

Sebelumnya bangunan masjid ini sudah dibangun oleh Muhammad Ali Pasha untuk kembali kenang putra tertuanya yang sudah wafat pada tahun 1816. Putra dari Muhammad Ali Pasha ialah Tusun Pasha. Masjid Muhammad Ali Pasha mulai dibuat pada tahun 1830 serta tuntas pad atahun 1848. Tidak tanggung-tanggung, Muhammad Ali Pasha bahkan juga mengundang beberapa insinyur sampai negara Perancis serta Italia untuk wujudkan satu bangunan masjid yang indah serta menarik. Pada akhirnya sesudah memperoleh insinyur, jadi dipilihlah tempat yang cukuplah unik yakni ada di puncak Benteng Shalahuddin Al-Ayyubi yang ada di pinggir kota.

Dibagian halama masjid pun sudah disemayamkan jasad dari Almarhum Muhammad Ali Pasha yang meninggal dunia pada tanggal 2 Agustus 1849. Beliau menghembusan nafas paling akhir di Istana Ras el-Tin Palace Alexandria serta disemayamkan dipemakaman Hosh al-Basha. Akan tetapi selanjutnya cucu Muhammad Ali Pasha atau anak dari Tusun Pasha yakni Raja Abbas I mengalihkan makam Muhammad Ali Pasha ke halaman masjid pada tahun 1857.

Interior Masjid Muhammad Ali Pasha

Arsitektur Masjid Muhammad Ali Pasha

Di lihat dari arsitektur Masjid Muhammad Ali Pasha, masjid ini memilii style dinasti Usmaniyah dengan kubah penting yang memiliki ukuran besar sekali dengan ke-2 menara yang mengapit kubah itu menjulang tinggi serta begitu ramping. Ketinggian dari ke-2 menara itu bahan sampai 82 meter. Bila disaksikan dari sisi kubah msjid yang besar serta megah, kubah masjid Muhammad Ali Pasha sama dengan kubah masjid Aya Sofia yang ada di Istanbul Turki yang populer sebab kemegahannya.

Saat masuk masjid ini, beberapa jamaah atau pengunjung akan dibikin kagum oleh beberapa hiasan yang begitu indh terpenting di bagian ruangan shalat. Sebab dari sana akan tampak hiasan yang berukir geometris dan hiasan kaligrafi yang bertuliskan nama Khulafaur Rasyidin. Diluar itu ada pun kaca patri yang berwarna warni di bagian dinding ruangan shalat. Ditambah lagi beberapa lampu gantung yang indah serta lampu gantung kristal besar ada di ruang tengah jadikan ruang masjid ini makin megah serta memesona.

Hubungi Kami
WA
Telp
Dalam Rangka Milad Ke 3 PT. Anugerah Kubah Indonesia
GRATIS !! Website Manajemen Masjid Jika Anda Order Kubah Bulan Ini.
close-image