Skip to content

Masjid Raya Abdul Kadim, Masjid Viral di Musi Banyuasin

masjid raya abdul kadim

Masjid Raya Abdul Kadim, bangunan masjid megah terletak di Desa Epil, Kecamatan Lais, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Masjid yang berdiri di atas tanah seluas 5625 meter2 ini dibangun oleh keluarga besar Prof. H. Abdul Kadim yang merupakan putra asli desa Epil, Musi Banyuasin.

Masjid dengan 1 kubah utama dan 4 kubah anakan serta 1 kubah menara yang tampak cantik dengan warna kuning keemasan bermotif hijau di bagian dasar kubah. Kubah Utama mempunyai diameter 9,22 meter dengan tinggi 8,35 meter berbahan plat enamel hasil pengerjaan dari Qoobah, PT. Anugerah Kubah Indonesia.

Masjid ini terkenal bukan hanya karena bangunannya yang megah namun di area masjid ini juga terdapat sebuah ornamen “Kursi Rusak” atau Broken Chair yang sama persis dengan yang ada di kantor PBB Jenewa, Swiss yang didirikan pada tahun 1997 sebagai bentuk sebuah penolakan terhadap kekerasan bersenjata terhadap warga sipil.

Baca Juga : Kubah Masjid Al Baihaqi, Subang, Jawa Barat

Adapun filosofi kursi ini melambangkan tentang siklus kehidupan dalam mengejar kekuasaan dan kakinya patah satu mempunyai penafsiran jika mempunyai kekuasaan tanpa diimbangi dengan ketakwaan akan membuat hilangnya satu kaki dan akan membuat kita jatuh.

Masjid ini di bangun pada bulan April 2018 lalu dengan memperkerjakan 70 pegawai bangunan dan selesai dibangun serta diresmikan pada bulan Maret 2021. Sejumlah material dan ornamen ada yang didatangkan dari pulau Jawa dan ada juga yang Impor dari Italia seperti marmer lantai dan dinding.

Kontraktor Kubah Masjid Raya Abdul Kadim

tawi-tawi-mosque
Tawi-Tawi Mosque, Filipina (contractorkubahmasjid.com)

PT. Anugerah Kubah Indonesia (Qoobah) merupakan kontraktor kubah masjid yang sudah berpengalaman mengerjakan kubah masjid dengan berbagai model, motif warna dan ukuran. Tersebar di seluruh pelosok Indonesia dan Asia Tenggara.

Nah Sobat!. Demikianlah ulasan tentang kekaguman atas megahnya Masjid Raya Abdul Kadim di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Jika kamu tertarik untuk berwisata religi ke sana, pastinya dapat merasakan pengalaman yang tidak terlupakan, sambil beribadah.

Jika Anda ingin membuat kubah masjid, segera hubungi kami untuk dapatkan penawaran menarik dari kami yaitu gratis lampu sorot dan penangkal petir serta gratis konsultasi untuk pembuatan kubah masjid seperti yang Anda inginkan. Klik Disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!