Masjid The Foundation of Islamic Center – Thailand

Masjid The Foundation of Islamic Center (FICT)

Masjid The Foundation of Islamic Center of Thailand atau akan kita ucap dengan singkat dengan Masjid FICT terdapat di Jalan Ramkhamhaeng No. 87/2, Suanluang, Bangkok, Thailand. Bangkok adalah Ibukota Negara Thailand, yang mempunyai julukan menjadi Negeri Gajah Putih. Industri yang sangat populer yang dipunyai oleh negara itu ialah Industri Pertanian serta Peternakan yang telah populer di penjuru dunia.

Walau negara itu bukan negara islam, akan tetapi nyatanya banyak pula masjid-masjid yang berdiri di Negara Thailand itu. Beberapa masjidnya bahkan juga ada yang terdapat di Pusat Kota. Beberapa masjid dari Indonesia juga berada di Bangkok contohnya “Masjid Indonesia” serta “Masjid Jawa” yang memang dibuat oleh penduduk muslim keturunan asli Pulau Jawa. Sekurang-kurangnya ada seputar 3.494 masjid yang ada di semua negara Thailand, serta 170 masjid ada di Kota Bangkok.

Dari beberapa ribu masjid di Negara Thailand, juga di Kota Bangkok, nyatanya cuma ada dua masjid yang sangat tua serta bersejarah yang dipunyai kota Bangkok, yakni Masjid Tonson yang dibuat pada tahun 1610 serta Masjid Bang Luang yang dibuat pada tahun 1767.

Masjid The Foundation of Islamic Center

Sekilas Sejarah Pembangunan Masjid

Lalu, satu Yayasan “The Foundation of The Central Mosque of Thailand” atau “The Foundation of Islamic Center of Thailand” atau kita singkat jadi FICT, dibangun di Bangkok pada tanggal 01 Oktober 1954. Pembentukan yayasan ini ialah menjadi bentuk kerja sama dari beberapa grup Muslim yang ada di Thailand.

Diteruskan dengan pembangunan Masjid FICT dengan arsitektur ciri khas yang usai dibuat pada tahun 1984. Pembangunannya habiskan dana sekitar 54 juta Baht Thailand, atau seputar $1,2 Juta, atau pada tahun itu seputar Rp. 12 miliar.

Dana sebesar itu disatukan dari beberapa donasi dari kaum muslim seputar serta di luar negeri. Dana yang lain pula dikasihkan oleh pemerintah kerajaan Thailand pada tahun 1981 serta 1983. Mulai sejak itu, pembangunan serta perbaikan dengan berkepanjangan selalu dikerjakan, supaya membuahkan masjid yang megah.

Foundation of Islamic Center of Thailand atau FICT adalah satu organisasi yang mempunyai tujuan menjadi wadah untuk menyimpan semua inspirasi dari golongan muslimin yang ada di semua Bangkok dengan spesial, serta untuk daerah Thailand pada umumnya.

Diluar itu, FICT pula menyiapkan sarana konsultasi keagamaan ataupun tuntunan agama pada komune muslim untuk melakukan perbaikan kepribadian dengan syariat Islam. FICT pula mempunyai tujuan menjadi fasilitas pendidikan penduduk , terpenting untuk kerukunan umat beragama, sebab memang di Thailand sebagian besar penduduknya beragama Budha.

Lantas, disedikan juga service sosial serta budaya untuk melestarikan jati diri keislaman yang notabene ada di negara non-muslim. Lantas service umum ikut diberikan seperti instansi pendidikan, rumah sakit, bahkan juga Instansi Pemasyarakatan.

Beberapa service pula ikut dikasihkan pada umumnya, seperti service konsultasi pemecahan permasalahan yang berlangsung di ranah pendidikan, sosial serta budaya penduduk. Service pemakaman serta pertolongan kemanusiaan pula ikut dikasihkan pada umumnya.

Interior Masjid The Foundation of Islamic Center

Masjid The Foundation of Islamic Center of Thailand ini berdiri dilahan tahan seluas 16.976 mtr. persegi. Tempat itu adalah dari hasil swadaya penduduk muslim sendiri dengan pembelian, ataupun beberapa dari wakaf anggota yayasan. Beberapa dana lainnya pula didapat dari Penggalangan Dana pada umumnya, Dana Service Publik, juga Dana Dari Kerajaan Thailand.

Bangunan masjid FICT bisa menyimpan sampai 3000 jamaah sekaligus juga, bangunannya terbagi dalam dua ruangan sholat penting, dua ruang berwudhu, ruangan resepsi, auditorium, ruangan kantor, toko buku, perpustakaan, sampai kantin spesial untuk makanan halal.

Hubungi Kami
WA
Telp
Dalam Rangka Milad Ke 3 PT. Anugerah Kubah Indonesia
GRATIS !! Website Manajemen Masjid Jika Anda Order Kubah Bulan Ini.
close-image