Skip to content

Masjid Wapauwe Kaitetu Maluku, Masjid Tertua di Indonesia Timur

masjid wapauwe maluku
Masjid Wapauwe Kaitetu

Masjid Wapauwe Kaitetu Maluku dibangun berawal Islam masuk ke Indonesia lewat beberapa pedagang dari Gujarat, India, seputar era ke-13 M. Saat Islam masuk ke Indonesia, perdagangan rempah-rempah masih tetap didominasi oleh Cina serta Arab. Beberapa pedagang ini merajai jalan perdagangan yang terpenting, seperti pesisir Sumatra, Semenanjung Malaya, Jawa, serta Maluku.

Di Indonesia sisi timur, Islam singgah terlebih dulu ke Maluku sebelum menebar ke Makassar serta lokasi yang lain di Pulau Sulawesi. Saat Portugis hadir ke kepulauan itu pada 1512 M, Islam sudah menyebar di Maluku. Raja Ternate, satu diantaranya kerajaan paling besar di Maluku, Bayang Ullah, sudah memeluk Islam.

Awal Dibangunnya Masjid Wapauwe Kaitetu

Diprediksikan, Islam mulai bersemi di Maluku pada tahun 1400-an. Ini dibuktikan dengan satu masjid yang berdiri saat tujuh era di Pulau Ambon. Masjid yang terdapat di Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, ini adalah satu bukti riwayat yang menandai perubahan Islam di Propinsi Seribu Pulau itu.

Masjid Wapauwe Kaitetu dibangun pada 1414 serta sampai ini hari masih tetap kuat berdiri. Awalannya, masjid ini bernama Masjid Wawane sebab dibuat di lereng Gunung Wawane oleh keturunan Kesultanan Islam Jailolo dari Moloko Kie Raha (empat gunung Maluku), Pernada Jamilu. Sekarang, beberapa orang biasa mengatakan Masjid Wapauwe.

Masjid yang masih tetap dipertahankan bentuk aslinya itu berdiri diatas tanah yang dimaksud Teon Samaiha oleh masyarakat ditempat. Letaknya diantara permukiman masyarakat Kaitetu serta memiliki bentuk begitu simpel. Arsitekturnya begitu unik serta berbentuk elementer.

Masjid Wapauwe Kaitetu

Masjid Wapauwe Kaitetu Maluku dibuat tanpa ada paku yang menjadikan satu tiap-tiap bagian-bagiannya hingga bisa dibongkar pasang. Untuk menyambungkan tiap-tiap sisi bangunan, perancangnya cuma memakai pasak kayu. Konstruksi ini sangat mungkin masjid bisa dipindah-pindahkan.

Bentuk Masjid Wapauwe Kaitetu Maluku ini seperti bujur sangkar dengan ukuran cuma 10 x 10 mtr.. Saat pertama-tama dibangun, masjid ini tidak mempunyai serambi. Dalam perbaikan dikerjakan menambahkan serambi yang mempunyai ukuran 6,35 x 4,75 m. Dinding masjid ini dibikin dari gaba-gaba, yakni pelepah sagu yang dikeringkan. Pada perbaikan 1/2 dinding dibikin dengan kombinasi kapur.

Mihrab masjid Masjid Wapauwe Kaitetu Maluku memiliki ukuran 2 x 2 meter., seperti biasanya masjid di Jawa serta Bali. Mimbar masjid terbuat dari kayu yang memiliki bentuk seperti kursi. Ukurannya cukuplah tinggi hingga mimbar diberi tambahan anak tangga. Di bagian atasnya dihiasi lengkungan serta ukiran kayu. Beduk terbuat dari gelondongan kayu utuh dengan diameter dua mtr.. Beduk diikat dengan rotan serta digantung pada balok di atasnya.

Masjid Wapauwe Kaitetu

Di bagian dalamnya ada keunikan bangunan joglo, yakni saka guru. Saka guru ialah empat pilar yang terdapat di dalam bangunan tradisionil Jawa. Atapnya pula dikuasai oleh bangunan Jawa, yakni berbentuk atap tajug bertingkat. Saka guru memakai kayu dengan ukuran 22 x 22 cm persegi.

Kontraktor Kubah Masjid Maluku – Qoobah PT. Anugerah Kubah Indonesia

produsen kubah masjid terbaik
Masjid Nurul Hidayah, Sampang, Madura (Qoobah.co.id)

PT. Anugerah Kubah Indonesia merupakan Kontraktor Kubah Masjid berpengalaman, terpercaya, dan berkualitas. Kami sudah dipercaya untuk mengerjakan ribuan proyek pembangunan kubah masjid di berbagai tempat di seluruh Indonesia bahkan hingga ke Asia Tenggara, seperti di pondok pesantren, universitas, madrasah, sekolah, kantor perusahaan swasta, kantor pemerintahan, dan kantor BUMN.

Qoobah juga melayani Jual Kubah Masjid Terbaik dan berkualitas premium dengan berbagai macam pilihan produk diantaranya adalah Kubah Masjid Enamel, Kubah Masjid Galvalum, dan Kubah Masjid Stainless Gold. Masing-masing produk kubah masjid tersebut memiliki keunggulan masing-masing sesuai dengan keinginan kustomer.

Kami berkomitmen untuk menjadi Produsen Kubah Masjid Terbaik dan Terbesar se-Asia Tenggara dengan dibuktikan oleh produk kubah masjid kami yang berkualitas premium dan dengan pelayanan yang terbaik. Percayakan kubah masjid Anda bersama kami, PT. Anugerah Kubah Indonesia.

Baca Juga : Cari Produsen Kubah Masjid Terbaik? Ini Ciri-cirinya!

Klik tombol dibawah jika ingin berkonsultasi mengenai kebutuhan pembangunan kubah masjid, kami siap membantu perencanaan kubah masjid Anda dengan sepenuh hati secara gratis. Dapatkan juga penawaran spesial dari kami, bonus alat penangkal petir dan lampu sorot.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!