Skip to content

Mengenal Masjid Sultan Kasimuddin, Masjid Tertua di Kalimantan Utara

masjid sultan kasimuddin kalimantan utara
masjid sultan kasimuddin kalimantan utara
masjid sultan kasimuddin kalimantan utara

Mengenal Masjid Sultan Kasimuddin yang terletak di Desa Tanjung Palas Tengah,Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia.

Sejarah Masjid Sultan Kasimuddin

Menurut H.E.Mohd Hasan, dkk, Masjid Kasimuddin di bangun sekitar tahun 1990-an, letaknya tak begitu jauh dari bekas masjid pertama yang dibangun oleh Sultan Datu Alam Muhammad Adil yang berada didekat tepi sungai kayan. Lokasi Masjid yang kini berdiri terpaut sekitar 150 meter ke arah darat dari lokasi masjid pertama. Masjid ini dipindah lokasi karena letaknya berada di tepi sungai, karena dikhawatirkan pondasinya bisa rubuh dan membahayakan jamaah.

Kondisi tanah agak becek karena berupa tanah rawa sehingga masyarakat bergotong royong membersihkan dan menimbunnya. Uniknya waktu penimbunan tanah pada siang hari untuk kaum laki-laki sedangkan malam hari dikerjakan oleh kaum wanita. Tidak hanya masyarakat biasa, Sultan Kasimuddin, beserta staff istana dan pegawai masjid juga turut terlibat penuh dalam pembangunan masjid bersejarah ini.

Pada awalnya lantai masjid ini hanya dilapisi tikar, kemudian dengan biaya Sultan Kasimuddin sendiri lantai tersebut dipercantik dengan marmer sampai sekarang. Marmer dimasjid Kasimuddin ini kemudian diperindah dimasa Sultan Djalaluddin. Sisi dalam masjid ini juga diperindah dengan seni kaligrafi islam. Bangunan bersejarah Masjid Sultan Kasimuddin sudah beberapa kali mengalami pemugaran. Pemugaran ini dilaksanakan oleh Proyek Pelestarian/Pemanfaatan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Kalimantan Timur dari tahun anggaran 1992/1993-1993/1994.

Sebagai masjid kesultanan, Masjid Sultan Kasimuddin memiliki kaitan yang kuat dengan istana Bulungan. Pada awalnya para imam masjid dijabat secara turun temurun. Jabatan imam merupakan jabatan penting. Di tahun 1933 Sultan Kasimuddin melantik tiga belas pejabat keagamaan di Istana Bulungan. Dan Kemungkinan besar Qadi yang dilantik pada saat itu adalah Hadji Baha’Uddin, ulama asal Minangkabau, sedangkan Mufti kemungkinan besar adalah Hadji Syahabuddin Ambo’ Tuwo, ulama asal Wajo yang juga guru mengaji di istana Bulungan tempo dulu. Pada masa Sultan Kasimuddin berkuasa, jabatan Mufti Negeri, Qadi dan Imam Besar memiliki peran besar pada masanya.

Jual Kubah Masjid Kalimantan Utara – Qoobah PT. Anugerah Kubah Indonesia

jual kubah masjid malang qoobah 1
Masjid Al-Hikmah, Universitas Negeri Malang – Jawa Timur (Qoobah.co.id)

Mengenal Masjid Sultan Kasimuddin – PT. Anugerah Kubah Indonesia merupakan Kontraktor Kubah Masjid berpengalaman, terpercaya, dan berkualitas. Kami sudah dipercaya untuk mengerjakan ribuan proyek pembangunan kubah masjid di berbagai tempat di seluruh Indonesia bahkan hingga ke Asia Tenggara, seperti di pondok pesantren, universitas, madrasah, sekolah, kantor perusahaan swasta, kantor pemerintahan, dan kantor BUMN.

Qoobah juga melayani Jual Kubah Masjid Terbaik dan berkualitas premium dengan berbagai macam pilihan produk diantaranya adalah Kubah Masjid Enamel, Kubah Masjid Galvalum, dan Kubah Masjid Stainless Gold. Masing-masing produk kubah masjid tersebut memiliki keunggulan masing-masing sesuai dengan keinginan kustomer.

Kami berkomitmen untuk menjadi Produsen Kubah Masjid Terbaik dan Terbesar se-Asia Tenggara dengan dibuktikan oleh produk kubah masjid kami yang berkualitas premium dan dengan pelayanan yang terbaik. Percayakan kubah masjid Anda bersama kami, PT. Anugerah Kubah Indonesia.

Baca Juga : Kontraktor Jual Kubah Masjid Terbesar di Asia Tenggara

Klik tombol dibawah jika ingin berkonsultasi mengenai kebutuhan pembangunan kubah masjid, kami siap membantu perencanaan kubah masjid Anda dengan sepenuh hati secara gratis. Dapatkan juga penawaran spesial dari kami, bonus alat penangkal petir dan lampu sorot.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!